Selasa, 27 Desember 2016

Manajamen pemasaran

Manajemen Pemasaran

Filosofi dan Konsep Pemasaran

27SEP
Filsafat dan Konsep pemasaran  adalah salah satu ide sederhana dalam pemasaran, dan pada saat yang sama, juga salah satu filosofi pemasaran yang paling penting. Pada intinya adalah pelanggan dan atau dia kepuasan itu. Konsep dan filosofi pemasaran menyatakan bahwa organisasi harus berusaha untuk memuaskan kebutuhan customer keinginan dan kebutuhan serta memenuhi tujuan-tujuan organisasi. Secara sederhana, “adalah pelanggan raja”.
Implikasi dari konsep pemasaran ini sangat penting bagi manajemen,. Hal ini bukan sesuatu yang mengelola departemen pemasaran juga bukan domain tunggal dari departemen pemasaran. Sebaliknya, itu adalah diadopsi oleh seluruh organisasi. Dari manajemen puncak ke tingkat terendah dan di semua departemen organisasi, ini adalah filsafat atau cara melakukan bisnis. Para pelanggan kebutuhan, keinginan, dan kepuasan harus selalu terdepan dalam setiap manajer dan karyawan ‘pikiran.-Mart Wal motto dari “kepuasan dijamin” adalah contoh dari konsep pemasaran. Apakah karyawan Wal-Mart adalah seorang akuntan atau seorang kasir, pelanggan selalu pertama.
Yang sederhana seperti filsafat berbunyi, konsep tersebut tidak sangat tua dalam evolusi pemikiran pemasaran. Namun, pada akhir suksesi filosofi bisnis yang meliputi berabad-abad. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari pemikiran yang mengarah ke konsep pemasaran, sejarah dan evolusi konsep pemasaran dan filosofi yang diperiksa pertama. Selanjutnya konsep pemasaran dan filosofi dan beberapa kesalahpahaman tentang hal itu dibahas.

EVOLUSI PEMASARAN YANG KONSEP DAN FILOSOFI

Konsep pemasaran dan filsafat berkembang sebagai yang terakhir dari tiga filosofi utama pemasaran. Ketiga filosofi adalah produk, menjual, dan filosofi pemasaran. Meskipun filsafat masing-masing memiliki waktu tertentu saat itu sedang dominan, filosofi tidak mati dengan akhir masanya dominasi.  Bahkan, ketiga filsafat yang digunakan saat ini.

PRODUK FILOSOFI.

Filosofi produk adalah filosofi pemasaran yang dominan sebelum Revolusi Industri dan terus tahun 1920-an. Filosofi produk berpendapat bahwa organisasi mengetahui produk yang lebih baik dari siapapun atau organisasi apapun. Perusahaan tahu apa yang akan bekerja dalam merancang dan memproduksi produk dan apa yang tidak akan bekerja. Sebagai contoh, perusahaan dapat memutuskan untuk menekankan biaya rendah atau kualitas tinggi produk mereka.  Ini percaya diri dengan kemampuan mereka bukan merupakan konsep radikal, tetapi keyakinan mengarah ke konsumen yang diabaikan. Sejak organisasi memiliki pengetahuan yang besar dan keterampilan dalam membuat produk, organisasi juga menganggap ia tahu apa yang terbaik bagi konsumen.
Ini filsafat hanya mengandalkan keterampilan organisasi dan keinginan untuk produk tidak menyebabkan penjualan yang buruk. Dalam banyak era filsafat produk, organisasi mampu menjual semua produk yang mereka buat.  Keberhasilan era filsafat produk terutama karena waktu dan tingkat teknologi di mana ia dominan. Era Produk membentang baik-era pra Revolusi Industri dan banyak waktu setelah Revolusi Industri.
Periode sebelum Revolusi Industri adalah saat barang sebagian besar dibuat dengan tangan.  Produksi itu lambat dan beberapa barang yang sangat bisa diproduksi.  Namun, ada juga permintaan barang tersebut, dan produksi yang lambat tidak bisa mengisi permintaan dalam banyak kasus. Pentingnya pengelolaan kekurangan ini adalah pemasaran yang sangat kecil diperlukan.
Sebuah contoh menggambarkan efek dari kekurangan. Hari ini, toko maling di Williamsburg, Virginia, masih beroperasi menggunakan filosofi produk. The gunsmiths menghasilkan-shot senapan tunggal dengan menggunakan teknologi yang tersedia selama tahun 1700-an. Mereka hanya mampu menghasilkan sekitar empat atau lima senapan setiap tahun, dan mereka mengenakan biaya dari $ 15.000 sampai $ 20.000 untuk setiap senapan.  Namun, harga tinggi tidak menghalangi permintaan untuk senjata; keunikan mereka perintah daftar tunggu tiga sampai empat tahun Revolusi. Today’s Williamsburg Shop maling situasi adalah khas untuk organisasi operasi sebelum Industri tersebut. Sebagian besar barang pasokan pendek sehingga perusahaan bisa menjual semua yang mereka buat. Akibatnya, organisasi tidak perlu berkonsultasi dengan konsumen tentang merancang dan memproduksi produk-produk mereka.
Ketika teknik produksi massal menciptakan Revolusi Industri, volume output yang sangat meningkat. Namun peningkatan produksi barang tidak segera menghilangkan kekurangan dari era pra-industri. Produksi massal teknik baru diberikan skala ekonomi memungkinkan untuk biaya produksi yang lebih rendah dan lebih rendah harga yang sesuai untuk barang. Turunkan harga sangat memperluas pasar untuk barang, dan teknik produksi baru sedang berjuang untuk memenuhi permintaan tersebut. Situasi ini berarti bahwa filosofi produk akan bekerja sama dengan baik di lingkungan industri baru.  Konsumen tetap tidak perlu berkonsultasi bagi organisasi untuk menjual produk-produknya.
Salah satu dari banyak cerita tentang Henry Ford menggambarkan contoh klasik dari filosofi produk yang digunakan setelah Revolusi Industri. Henry Ford memelopori teknik produksi massal dalam industri otomotif. Dengan teknik, ia menawarkan mobil dengan harga yang terjangkau kepada masyarakat umum. Sebelum ini, mobil hand-made, dan hanya sangat kaya bisa membelinya. Masyarakat antusias membeli semua Model T Ford bahwa perusahaan dapat menghasilkan.  Bukti bahwa filosofi produk masih hidup dan baik di Ford Motor Company datang terkenal reaksi Ford Henry permintaan konsumen untuk pilihan warna lebih banyak. Dia dikatakan telah menjawab bahwa “Anda bisa memiliki mobil warna yang Anda inginkan selama warnanya hitam . ” Menyadari bahwa warna yang berbeda akan meningkatkan biaya produksi dan harga Model T, Henry Ford, menggunakan filosofi produk, memutuskan bahwa harga yang lebih rendah yang terbaik untuk masyarakat.

MENJUAL FILOSOFI.

Era penjualan memiliki periode terpendek dominasi dari tiga filosofi. Hal ini mulai dominan sekitar 1930 dan tinggal digunakan secara luas sampai sekitar tahun 1950. Filosofi menjual berpendapat bahwa organisasi dapat menjual produk yang dihasilkan dengan menggunakan teknik pemasaran, seperti iklan dan personal selling. Organisasi dapat menciptakan departemen pemasaran yang akan peduli dengan menjual barang, dan seluruh organisasi dapat ditinggalkan untuk berkonsentrasi pada memproduksi barang.
Alasan munculnya filsafat penjualan adalah jumlah yang pernah naik-barang yang tersedia setelah Revolusi Industri. Organisasi menjadi semakin lebih efisien dalam produksi, yang meningkatkan volume barang.  Dengan pasokan meningkat, persaingan juga mengadakan produksi.  Kedua peristiwa akhirnya mengarah pada akhir kekurangan produk dan penciptaan surplus. Hal ini karena surplus bahwa organisasi berpaling kepada penggunaan iklan dan personal selling untuk mengurangi persediaan dan menjual barang-barang mereka. Filosofi jual juga memungkinkan bagian dari organisasi untuk terus fokus pada produk, melalui filosofi produk. Selain itu, filosofi menjual berpendapat bahwa penjualan atau departemen pemasaran perusahaan bisa menjual apa pun yang dihasilkan.
Ford Motor Company juga merupakan contoh yang baik dari filsafat penjualan dan mengapa filosofi ini tidak bekerja dalam banyak hal. Ford yang dihasilkan dan dijual Model T selama bertahun-tahun.  Selama produksi, pasar mobil menarik lebih banyak kompetisi.  Tidak hanya kompetisi mulai menawarkan mobil dalam warna lain, styling kompetisi dipandang sebagai modern dan Model T menjadi dianggap sebagai kuno. Putra Henry Ford menyadari perubahan di pasar mobil dan berusaha meyakinkan ayah mereka untuk beradaptasi. Namun, Henry Ford yakin bahwa standar-nya rendah harga mobil adalah apa yang dibutuhkan masyarakat,. Akibatnya Ford beralih ke teknik-teknik pemasaran untuk menjual T. Model ini terus menjual, tetapi pangsa pasarnya mulai turun. Akhirnya, bahkan Henry Ford harus mengakui keinginan konsumen dan memperkenalkan model baru.
Filosofi menjual mengasumsikan bahwa terlatih dan termotivasi sales force-yah bisa menjual produk apapun.  Namun, banyak perusahaan mulai menyadari bahwa lebih mudah untuk menjual produk yang pelanggan inginkan, daripada menjual produk pelanggan tidak mau.  Ketika banyak perusahaan mulai menyadari fakta ini, era menjual memberi jalan ke era pemasaran konsep pemasaran dan filsafat.

FILOSOFI PEMASARAN.

Era pemasaran mulai mendominasi sekitar tahun 1950, dan terus sampai sekarang.  Konsep pemasaran mengakui bahwa perusahaan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang produk tidak selalu memenuhi kebutuhan pelanggan.  Hal ini juga mengakui bahwa bahkan yang baik departemen penjualan tidak bisa menjual setiap produk yang tidak memenuhi kebutuhan konsumen.  Ketika pelanggan memiliki banyak pilihan, mereka akan memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

PASAR KONSEP DAN FILOSOFI

Konsep dan filosofi pemasaran menyatakan bahwa organisasi harus berusaha untuk memuaskan kebutuhan customer keinginan dan kebutuhan serta memenuhi tujuan-tujuan organisasi. Cara terbaik untuk memenuhi tujuan organisasi juga oleh pelanggan memenuhi kebutuhan dan keinginan. Pemasaran’s Konsep Penekanannya adalah untuk memahami pelanggan sebelum merancang dan memproduksi produk bagi mereka.  Dengan pelanggan keinginan dan kebutuhan dimasukkan ke dalam desain dan pembuatan produk, penjualan dan tujuan keuntungan yang jauh lebih mungkin untuk dipenuhi.
Dengan kepuasan pelanggan kunci organisasi, kebutuhan untuk memahami pelanggan sangat penting. teknik riset pemasaran telah dikembangkan hanya untuk tujuan itu. organisasi yang lebih kecil mungkin tetap dekat dengan pelanggan mereka dengan hanya berbicara dengan mereka. perusahaan besar telah membentuk metode di tempat untuk tetap berhubungan dengan pelanggan mereka, baik itu panel konsumen, kelompok fokus, atau pihak-ketiga studi penelitian. Apapun metode, keinginan untuk mengetahui pelanggan sehingga organisasi dapat lebih melayani mereka dan tidak melupakan kebutuhan dan keinginan mereka.
Ide untuk menjaga dekat dengan organisasi pelanggan tampak sederhana.  Pada kenyataannya, sangat mudah untuk melupakan pelanggan kebutuhan dan keinginan. Kadang-kadang manajemen sangat terlibat dengan produk yang keinginan mereka sendiri dan ingin mulai mengambil dominasi, meskipun mereka telah mengadopsi konsep pemasaran.
Namun itu adalah mudah bagi manajer untuk melupakan konsep pemasaran dan filsafat. Sebagai contoh, bertahun-tahun lalu-sebelum ada Subway pada setiap a-sudut mahasiswa membuka sebuah toko sandwich kecil kapal selam dekat’s universitas kampusnya. Toko sub sebuah kesuksesan. Dengan menggunakan konsep pemasaran, entrepreneuer muda itu mengakui kebutuhan yang belum terpenuhi pada populasi siswa dan membuka bisnis yang memenuhi kebutuhan itu.
Sayangnya, cerita tidak berakhir pada saat ini.  Toko sub sukses sehingga ia mulai mengatasi lokasi semula setelah sekitar tiga tahun.  Toko pindah ke lokasi yang lebih besar dengan ruang parkir yang lebih, juga dekat universitas. Di toko sub baru, pelayan di tuksedo bertemu dengan siswa dan duduk mereka di meja dengan taplak meja. Selain selam tradisional, toko sekarang melayani makanan penuh dan memiliki bar.  Dalam beberapa bulan toko sub keluar dari bisnis.  Pemilik toko telah menjadi begitu terlibat dengan visi bisnis bahwa ia lupa kebutuhan pelanggan dan ingin.  Mereka tidak menginginkan restoran kelas atas-ada restoran lain di daerah yang memenuhi kebutuhan itu, mereka hanya ingin sandwich sub cepat. Dengan kehilangan mata pelanggan keinginan dan kebutuhan, pemilik toko sub kehilangan bisnis yang sukses.

KEBUTUHAN PELANGGAN SAAT BERTEMU
TUJUAN ORGANISASI

Kadang-kadang dalam semangat untuk memenuhi pelanggan keinginan dan kebutuhan, konsep pemasaran ditafsirkan berarti bahwa pelanggan selalu benar. Namun, konsep pemasaran juga menyatakan bahwa penting untuk mencapai tujuan organisasi serta memuaskan pelanggan dan kebutuhan. Memuaskan kebutuhan pelanggan dan tujuan organisasi mungkin melibatkan konflik yang kadang-kadang tidak dapat diselesaikan. Organisasi yang mengadopsi konsep pemasaran akan melakukan segala daya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, tetapi juga harus membuat keuntungan.  Kadang-kadang keinginan pelanggan mungkin termasuk harga yang rendah atau fitur yang tidak dicapai bagi kepentingan organisasi jika itu adalah untuk membuat keuntungan. Akibatnya, organisasi harus berharap untuk kompromi antara apa yang konsumen inginkan dan apa yang praktis untuk bisnis untuk memberikan.

KRITIK ATAS KONSEP PEMASARAN

Ditafsirkan secara harfiah, konsep pemasaran hanya pendukung konsumen menemukan keinginan dan kebutuhan dan memuaskan mereka.  Kritik menyatakan bahwa konsumen mungkin tidak menyadari semua keinginan dan kebutuhan.  Pada tahun 1950, adalah konsumen menyadari kebutuhan untuk memasak makanan mereka dengan mengirimkan gelombang mikro melalui makanan mereka? Pada tahun 1960, adalah konsumen menyadari kebutuhan untuk memiliki komputer pribadi di rumah mereka? Para kritikus berpendapat bahwa konsep pemasaran yang konsentrasi pada konsumen menahan keinginan dan kebutuhan inovasi.  Organisasi akan tidak lagi berkonsentrasi pada penelitian dan pengembangan dengan harapan bahwa satu produk dalam sepuluh mungkin bertemu dengan penerimaan konsumen, dan akan cenderung datang dengan produk-produk inovatif seperti microwave dan komputer pribadi.
Para pendukung konsep pemasaran telah berpendapat bahwa hal itu tidak menahan inovasi dan bahwa ia mengakui bahwa konsumen tidak dapat memahami setiap produk yang mereka inginkan atau butuhkan. Namun, perlu didefinisikan dalam arti yang sangat luas.  Dalam microwave dan contoh-contoh komputer pribadi, kebutuhan itu bukan untuk produk tertentu, tetapi ada kebutuhan untuk memasak makanan lebih cepat dan kebutuhan untuk menulis dan menghitung. Microwave dan komputer pribadi puas kebutuhan tersebut meskipun konsumen tidak pernah membayangkan produk ini. Konsep pemasaran tidak melumpuhkan kreativitas dan inovasi. Ini berusaha untuk mendorong kreativitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Konsep pemasaran adalah pendatang baru relatif sebagai filosofi dalam berbisnis.  Namun, evolusinya dimulai sebelum Revolusi Industri. Dengan berjalannya waktu, pelanggan dan kebutuhan bisnis juga berkembang. Dan filosofi penjualan produk  akhirnya berkembang menjadi konsep pemasaran dan filsafat. Saat ini, konsep dan filosofi berdiri pemasaran sebagai rumus untuk melakukan bisnis dan banyak yang percaya itu adalah resep untuk sukses.  Ini bertujuan untuk memuaskan pelanggan dengan membimbing organisasi untuk memenuhi kebutuhan nasabah dan ingin sekaligus memenuhi tujuan-tujuan organisasi.

Lingkungan Pemasaran

Lingkungan Pemasaran adalah lingkungan perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang berhasil dengan pelanggan sasaran. Perusahaan harus terus melakukan pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang bersifat kompleks dan terus berubah-ubah. Dengan mempelajari lingkungan, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.
Lingkungan Pemasaran terdiri dari:


1. Lingkungan Mikro Perusahaan

Lingkungan Mikro Perusahaan merupakan pelaku yang dekat dengan perusahaan dan memengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani pelanggannya.Lingkungan mikro perusahaan terdiri dari: perusahaan, pemasok, perantara pemasaran, pasar pelanggan, pesaing, dan masyarakat.

Perusahaan

Dalam merancang rencana pemasaran, manajemen pemasaran memperhitungkan kelompok dalam perusahan seperti manajemen puncak, keuangan, riset dan pengembangan, pembelian, operasi, akuntasi. Semua kelompok saling berhubungan membentuk lingkungan internal. Kelompok-kelompok ini bekerja sama secara harmonis untuk memberikan nilai dan kepuasan pelanggan yang unggul.

Pemasok

Pemasok membentuk hubungan penting dalam keseluruhan system penghantar nilai perusahaan. Pemasok menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasanya. Masalah pemasok sangat mempengaruhi pemasaran karena apabila pemasok masalah akan mengurangi penjualan perusahaan dan mengurangi nilai kepuasan pelanggan.

Perantara Pemasaran

  • Perantara pemasaran membantu perusahaan mempromosikan, menjual, dan
mendistribusikan produknya ke pembeli akhir. Perantara pemasaran meliputi penjual perantara, perusahaan distribusi fisik, agen jasa pemasaran, dan perantara keuangan.
    • Penjual perantara adalah perusahaan saluran distribusi yang membantu
perusahaan menemukan pelanggan atau melakukan penjualan untuk perusahaan. Penjual perantara diliputi pedagang grosir dan pengecer.
    • Perusahaan distribusi fisik membantu perusahaan menyimpan dan
memindahkan barang-barang perusahaan dari titik asalnya ke tempat tujuan.
    • Agen jasa pemasaran adalah firma
riset pemasaran, agen periklanan, perusahaan media, dan firma konsultan pemasaran yang membantu perusahaan menetapkan target dan mempromosikan produk perusahaan pada pasar secara tepat.
    • Agen jasa pemasaran adalah firma riset pemasaran, agen periklanan,
perusahaan media, dan firma konsultan pemasaran yang membantu perusahaan menetapkan target dan mempromosikan produk perusahaan pada pasar secara tepat.

Pelanggan

Perusahaan harus mempelajari lima jenis pasar pelanggan secara lebih dekat:
  • Pasar Konsumen terdiri dari perorangan dan keluarga yang membelibarang dan jasa untuk konsumsi pribadi.
  • Pasar Bisnis membeli barang dan jasa untuk pemrosesan lebih lanjut atau untuk digunakan dalam proses produksi perusahaan.
  • Pasar Penjual Perantara membeli barang dan jasa untuk dijual kembali demi mendapatkan laba.
  • Pasar Pemerintah terdiri dari badan-badan pemerintah yang membeli barang dan jasa untuk menghasilkan pelayanan umum.
  • Pasar Internasional terdiri dari para pembeli di negara lain, termasuk konsumen, produsen, penjual perantara, dan pemerintah.

Pesaing

Konsep pemasaran yang berhasil apabila perusahaan dapat menyediakan nilai dan kepuasan pelanggan yang lebih besar daripada pesaing. Oleh karena itu, perusahaan harus menyesuaikan pemasaran dengan kebutuhan konsumen sasaran. Perusahaan juga harus memiliki strategi penawaran yang lebih kuat dari penawaran pesaing dalam pikiran konsumen.

Masyarakat

Masyarakat adalah kelompok yang mempunyai potensi kepentingan atau kepentingan nyata, atau pengaruh pada kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya. Ada tujuh tipe masyarakat: Masyarakat keuangan, masyarakat media, masyarakat pemerintah, masyarakat Lembaga Swadaya Masyarakat, masyarakat local, masyarakat umum, masyarakat internal. --103.10.66.1 11 Oktober 2011 11.15 (UTC)

2. Lingkungan Makro Perusahaan

Lingkungan Makro perusahaan merupakan kekuatan sosial yang lebih besar yang memengaruhi lingkungan mikro perusahaan. Lingkungan makro perusahaan terdiri dari: Lingkungan demografis, ekonomi, alam, teknologi, politik, dan budaya.

Lingkungan Demografis

Demografi adalah studi kependudukan manusia menyangkut ukuran, kepadatan, lokasi, usia, jenis kelamin, ras, lapangan kerja, dan data statistic lain. Lingkungan demografi menjadi minat utama perusahaan karena lingkungan demografis menyangkut masyarakat, dan masyarakat membentuk pasar.

Lingkungan Ekonomi

Lingkungan ekonomi adalah faktor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola pengeluaran konsumen. Suatu bangsa mempunyai tingkat dan distribusi pendapatan yang sangat beragam. Sejumlah negara mempunyai ekonomi subsisten-negara mengkonsumsi hasil pertanian dan industrinya sendiri. Negara-negara menawarkan peluang pasar yang kecil. Ekonomi industry-menawarkan pasar yang kaya untuk berbagai jenis barang yang berbeda.

Lingkungan Alam

Lingkungan alam memperlihatkan kekurangan potensial dari bahan baku tertentu, biaya energi yang tidak stabil, tingkat populasi yang meningkat, dan gerakan “hijau” yang berkembang untuk melindungi lingkungan.

Lingkungan Teknologi

Lingkungan teknologi adalah kekuatan yang menciptakan teknologi baru, menciptakan produk, dan peluang pasar, yang baru. Teknologi telah menciptakan benda-benda yang mengagumkan seperti antibiotic, pembedahan robotic, alat-alat elektronik mini, komputer, laptop, dan internet. Dengan adanya teknologi baru maka akan menciptakan pasar dan peluang baru.<

Lingkungan Politik

Keputusan pemasaran sangat dipengaruhi oleh perkembangan-perkembangan dalam lingkungan politik. Lingkungan politik terdiri dari hukum, badan pemerintah, dan kelompok LSM yang mempengaruhi atau membatasi berbagai organisai dan individu di dalam masyarakat tertentu.

Lingkungan Budaya

Lingkungan budaya terdiri dari institusi dan kekuatan lain yang mempengaruhi nilai dasar, persepsi, selera, dan perilaku masyarakat. Manusia tumbuh dalam masyarakat tertentu yang membentuk keyakinan dan nilai dasarnya. Karakteristik budaya yang mempengaruhi pengambilan keputusan pemasaran adalah: Keteguhan pada nilai-nilai budaya dan perubahan dalam nilai budaya sekunder.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar